SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

SMA ISLAM KEPANJEN

PERIODE PERSIAPAN

Tahun 1984

Berdasarkan Hasil Musyawarah Yayasan Pendidikan Islam “Hasyim Asy’ari” tanggal 27 Nopember 1984 tentang PANITIA PENDIRI SMA ISLAM KEPANJEN, maka secara resmi berdirilah SMA Islam Kepanjen, dan LALU ABDUL MANAN selaku Kepala Sekolahnya, yang kemudian menggunakan Gedung SD NU Jl. Sawunggaling No.71 sebagai tempat belajar dengan status “TERCATAT”. (Surat ijin pendirian sekolah dari Kantor  Wilayah  Depdikbud  Propinsi  Jawa Timur tanggal 1 Oktober 1985).

Pada tahun 1987 Bapak Drs. MUSOLI HARIS resmi menjadi Kepala Sekolah menggantikan Bapak Ir. Lalu Abdul Manan yang mendapatkan tugas    baru    di   Proyek    Brantas   Tengah    Wilayah    Kediri.

  • Pada Periode ini merupakan periode yang sangat sulit karena sekolah menggunakan dua tempat belajar yaitu SD NU dan SMP Islam Kepanjen.
  • Sejalan dengan itu pula sekolah memperoleh jenjang akreditasi yang lebih baik, yaitu : DIAKUI dengan SK. 009/ C/ Kep./ I/ 1990.

 

Tahun 1991 – 2000.

Pada tahun 1991 Berdirilah sebuah lembaga kursus yang diberi nama : “HACE COURSE”     (Hasyim Asy’ari Computer and English Course) yang sekarang menjadi Laboratorium Komputer. Dengan tujuan tidak hanya membekali siswanya dengan Ilmu Pengetahuan saja tetapi juga ketrampilan, agar setelah lulus dan memasuki dunia kerja mereka telah memiliki ketrampilan khusus.

  • Pada Periode Tahun 1993 / 1994 ini sekolah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berprestasi Akademis Juara I untuk sekolah swasta se Jawa Timur. ( Untuk Jurusan BAHASA )

Sejalan dengan itu pula SMA Islam mulai berpikir untuk membangun  Gedung  sendiri, maka mulailah membeli sebidang tanah di Jalan Diponegoro 152 dengan Luas Tanah  7.668 m2

Bulan Desember 1994 mulailah membangun Gedung SMA Islam yang ditandai dengan peletakan Batu Pertama Oleh ROMO KH. MAHFUDZ MUCHTAR (Alm.) Dengan dana awal adalah murni bantuan masyarakat dan sumbangan dari Bapak Ibu Guru.

Gedung tahap I terdiri dari 8 ruang teori, 5 kamar mandi, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang BP/ BK, selesai tanggal 15 Juli 1995, dan diresmikan Oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur: Bapak BASOFI SUDIRMAN pada tanggal 24 Oktober 1995.

Pada Tahun  itu pula, secara resmi SMU Islam Kepanjen pindah dari SDNU dan SMP Islam ke Jl. Diponegoro No. 152 Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen. Pada tahun ini pula terealisasinya Lapangan Olahraga.

Tahun Pelajaran 1996 – 2000 secara berturut-turut :

~   Terealisasi  2 lokal yang terletak di sebelah utara Mushola menghadap ke timur. (Ruang Guru dan Perpustakaan)

~   Terealisasi pembangunan Mushola dengan kapasitas ± 500 Jama’ah.

~ Terealisasi 2 lokal bangunan kelas dengan posisi di sebelah selatan Mushola menghadap ke timur.

Pada Periode ini sekolah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berprestasi Akademis Juara II untuk sekolah swasta se Kabupaten Malang.

~   Terealisasi 3 lokal bangunan kelas dengan posisi paling selatan menghadap ke utara.  Dan mulai tahun pelajaran 2000/ 2001, semua kelas rombongan belajar bisa masuk pagi.

Periode  2001 – Sekarang

Tahun pelajaran 2001/ 2002, Sekolah menfokuskan Bidang pembinaan yang mencakup : Bidang Akhlaq, Bidang Akademis dan Bidang Ketrampilan.

Pada tahun ini sekolah membangun pagar belakang dan Center Food (pusat jajan) siswa dan dananya dari (Guru dan OSIS). Dan mendapat Hibah tanah dari Bu Sumilah seluas 196 m2.

Tahun pelajaran 2002/ 2003, Tepatnya tanggal 1 Oktober 2002, SMA Islam Kepanjen mencanangkan Visi dan Misi Sekolah, sebagai berikut :

BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI, BERBUDAYA, BERPENGETAHUAN, BERKETRAMPILAN DAN BERKEPEDULIAN.

Tahun pelajaran 2003 – 2005, Sekolah fokus pada Pembangunan Gedung Perkantoran Lantai 3 dan Alhamdulillah pada akhir bulan Agustus 2003 sudah dapat ditempati dan diselesaikan 2 lantai dengan peruntukan : Lantai I untuk perkantoran, Lantai II untuk Laboratorium IPA dan Laboratorium Komputer. Dan terealisasi Ruang belajar berlantai 2 yang berada di sebelah selatan menghadap utara, Laboratorium Bahasa dengan posisi  paling timur menghadap selatan, yang sekarang menjadi Ruang Multimedia dan perluasan ruang perpustakaan sehingga lebih representatif.

Dan secara berturut-turut tahun 2004 dan 2005 mengirimkan:

Duta pertukaran pelajar ke Jerman ( Siswa Jurusan BAHASA ).

Tahun pelajaran 2005 – 2006, jumlah lokal sudah terpenuhi dari realisasi pembangunan pada tahun pelajaran sebelumnya.

Tahun pelajaran 2007 – 2010, penambahan sarana prasarana difokuskan pada paving lapangan volly, tempat parkir siswa, penyelesaian gedung perkantoran pada lantai 3 digunakan untuk AULA. Dan penambahan sarana berupa : Ruang kelas lantai 2 sebelah timur mushola, ruang OSIS, ruang BAND dan ruang Multimedia sehingga menjadi representatif.

Tahun 2009 Membeli tanah sebelah selatan Sekolah seluas 393 m2. Untuk perluasan tempat parkir

Dan pada tahun ini juga sekolah bertekat untuk memberikan pelayanan prima dengan cara:

  1. Tertib Administrasi
  2. Pemenuhan sarana dan prasarana kerja
  3. Berkomitmen selalu menjalankan sistem manajemen mutu yang mengacu pada standar ISO 9000:2001 secara konsisten dan melakukan perbaikan terus menerus untuk menghasilkan lulusan siswa terbaik.

Dan memperoleh sertifikat ISO 9000:2001 tepat  ulang tahun SMA Islam Kepanjen Ke-23

Pertengahan Tahun Pelajaran 2009/ 2010 SMA Islam Kepanjen mencanangkan program baru EMPOWERING (Otomotif, Tata Boga dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan ) agar lulusan SMA Islam dapat bersaing secara kompetitif dalam dunia kerja. Untuk mendukung program tersebut sekolah merenovasi center food, dari satu tingkat menjadi 2 tingkat (atas untuk Center Food, lantai bawah untuk kegiatan EMPOWERING.

Awal Tahun Pelajaran 2010/ 2011 SMA Islam Kepanjen mencanangkan Sekolah Model, (Sekolah Ramah) dengan tujuan untuk menghilangkan segala bentuk perintah, kekerasan, hukuman baik fisik maupun non fisik. Dan kebijakan Sekolah tentang tenaga pendidik untuk berfokus di SMA Islam Kepanjen.

Awal Tahun Pelajaran 2011/ 2012 SMA Islam memfokuskan pembinaan warganya kearah mental spiritual dengan mewajibkan semua warga sekolah untuk shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Juga memperluas tempat parkir dan menambah taman.

Awal Tahun pelajaran 2012 – 2013, Sekolah telah menyelesaikan Pembangunan Gedung 2 tingkat yang terletak di sebelah barat lapangan volly, lantai bawah untuk ruang guru, ruang BK dan ruang UKS sedangkat lantai atas untuk Perpustakaan dan Ruang TKJ. Dan membangunan ruang Laboratorium Kimia sebelah Utara Lapangan Volly, dananya merupakan bantuan dari pemerintah.

Awal Tahun pelajaran 2013 – 2014, tepatnya 1 Oktober 2013 SMA Islam Kepanjen mencanangkan 2 hal :

  1. Green School, (Sekolah Peduli dan Berbudaya Terhadap Lingkungan Hidup) dengan tujuan untuk: Mewujudkan warga sekolah (Guru, siswa, karyawan dan warga sekolah lainnya) yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
  2. Visi sekolah yang baru, dari BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI, BERBUDAYA, BERPENGETAHUAN, BERKETRAMPILAN DAN BERKEPEDULIAN.

Menjadi MEMBENTUK GENERASI TAQWA, CERDAS, KOMPETEN DAN PEDULI.

Misi: Membiasakan ajaran Islam sebagai pedoman dalam berprilaku dan bertuturkata

           Membudayakan perilaku disiplin, jujur dan toleran

           Mengembangkan semangat kompetitif dalam kegiatan akademis maupun non akademis

           Menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan kompeten

           Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan

Tahun pelajaran 2014 – 2015, Sekolah telah menyelesaikan Pembangunan Sanggar Pramuka dan Seni, Gedung 2 tingkat, untuk memenuhi kekurangan ruang kelas, yang terletak di sebelah Selatan lapangan Basket, Merenovasi:

  1. Taman agar tampak lebih Indah dan Asri.
  2. Kamar mandi sebelah selatan Mushola.
  3. Kamar mandi lantai 2, sebelah timur Lab. Biologi.

 

Tahun pelajaran 2015 – 2016, Sekolah telah menyelesaikan Pembangunan Ruko, yang terletak di sebelah Barat area Parkir. Dan merenovasi 3 ruang kelas sebelah selatan Lapangan Basket. Mendirikan Studio Radio SMAISAKA Pro One 101, 90 FM., membeli Mini Bus LUXIO SMAISAKA, merenovasi kamar mandi sebelah utara mushola, merintis Asrama/ Pondok sekolah.

Tahun pelajaran 2016 – 2017, Sekolah mendapat bantuan Ruang Kelas Baru (RKS) dan Lab. Komputer, yang terletak di sebelah Barat Kantin atau di atas Lab. Kimia.

Tahun pelajaran 2017 – 2018, Sekolah mendapat bantuan Pengecoran Parkir, 2 Ruang Kelas Baru (RKS) dan Komputer 40 Unit.