SMAISAKA Menjaga Warisan Leluhur “Memperingati Hari Batik Nasional”

Napak Tilas Perjalan SMAISAKA di HUT KE-34
October 1, 2019
SMAISAKA Mengikuti Tes Bakat Skolastik memberi informasi yang Akurat tentang Prediksi Prestasi Siswa di Jenjang yang Lebih Tinggi
October 3, 2019

SMAISAKA Menjaga Warisan Leluhur “Memperingati Hari Batik Nasional”

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik. SMA Islam Kepanjen juga turut ambil bagian dalam peringatan Hari Batik Nasional sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya dan produk asli Indonesia. Seluruh warga sekolah mengenakan batik mulai dari siswa hingga guru. Kita sekiranya patut bangga karena negara kita memiliki produk budaya yang sangat hebat yang diakui oleh dunia.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pasalnya batik sangat unik sekali mulai dari proses pembuatannya yang beragam, motif yang beraneka bentuk hingga makna filosofis yang ada didalamnya. Mari kita menjaga warisan leluhur yang sangat berharga ini, kalau bukan kita siapa lagi.