SMAISAKA Cegah Global Warming Melalui Ujian Berbasis Komputer

Pembinaan Polres Malang tentang Pencegahan Keterlibatan Siswa dalam Unjuk Rasa yang Mengarah pada Kekerasan
October 7, 2019
SMAISAKA ikuti GITA TEGAK MKKS SMA SWASTA 2019
October 13, 2019

SMAISAKA Cegah Global Warming Melalui Ujian Berbasis Komputer

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 dilaksanakan mulai kemarin hari Senin, 7 Oktober 2019 sampai Selasa, 15 Oktober 2019. Seluruh ujian yang dilaksanakan di SMAISAKA sudah berbasis komputer termasuk PTS. Kelebihan ujian berbasis komputer yakni :

  1. Dapat meminimalisir kecurangan (integritas tinggi).
    Dengan sistem soal yang diacak (di-random) dan jumlah paket soal yang banyak, siswa tidak bisa melihat pekerjaan teman di sebelahnya karena urutan soal yang berbeda. Hal seperti ini menurut saya dapat menambah motivasi belajar siswa karena tidak bisa berharap kepada temannya.
  2. Memudahkan peserta ujian.
    Pada paper base test, peserta diharuskan untuk mengisi biodata terlebih dahulu. Hal ini cukup memakan waktu. Di ujian berbasis komputer, siswa bisa langsung mengerjakan soal ujiannya dengan memasukan username dan password dan biodata sudah otomatis terisi.
  3. Hasilnya dapat lebih cepat diketahui.
    Dengan aplikasi komputer maka hasil pekerjaan siswa bisa langsung diketahui oleh panitia ujian dalam hal ini adalah teknisi penyelenggara ujian. Hasilnya sudah pasti lebih akurat dan terpercaya.
  4. Mengurangi pemakaian kertas.
    Dengan menggunakan media komputer, otomatis penggunaan kertas sangat berkurang. Hal itu berarti kita dapat mengurangi limbah kertas.

Kertas dalam pembuatannya menggunakan bahan baku yang berasal dari kayu. Setiap perusahaan kertas akan menebang pohon untuk memenuhi kebutuhan produksi kertas. Semakin banyak permintaan kertas maka produksi kertas juga akan meningkat yang tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya jumlah pohon yang ditebang. Penebangan pohon ini apabila tidak diimbangi dengan reforestasi yang tepat akan ikut berperan dalam pemanasan global. Sehingga secara tidak langsung SMAISAKA juga ikut andil dalam mencegah global warming.