Napak Tilas Perjalan SMAISAKA di HUT KE-34

Khotmil Qur’an Mengawali Parade Kegiatan HUT SMA ISLAM KEPANJEN KE-34
September 30, 2019
SMAISAKA Menjaga Warisan Leluhur “Memperingati Hari Batik Nasional”
October 2, 2019

Napak Tilas Perjalan SMAISAKA di HUT KE-34

Dipagi yang cerah ini, Selasa 1 Oktober 2019 SMAISAKA tercinta genap berusia 34 tahun. Sekolah yang berdiri tahun 1985 sudah banyak sekali mengalami perubahan.

Pada Apel pagi selain adanya sambutan dari Bapak Kepala SMA Islam dan Pengurus Yayasan YPI Hasyim Assyari, juga disampaikan sejarah singkat perjalanan SMA Islam Kepanjen oleh Waka Kurikulum Bapak Karnoto S.Di yang isinya adalah sebagi berikut : Berdasarkan Hasil Musyawarah Yayasan Pendidikan Islam “Hasyim Asy’ari” tanggal 27 Nopember 1984 tentang PANITIA PENDIRI SMA ISLAM KEPANJEN, maka secara resmi berdirilah SMA Islam Kepanjen, dan LALU ABDUL MANAN selaku Kepala Sekolahnya, yang kemudian menggunakan Gedung SD NU Jl. Sawunggaling No.71 sebagai tempat belajar dengan status “TERCATAT”. (Surat ijin pendirian sekolah dari Kantor Wilayah Depdikbud Propinsi Jawa Timur tanggal 1 Oktober 1985). Pada tahun 1987 Bapak Drs. MUSOLI HARIS resmi menjadi Kepala Sekolah menggantikan Bapak Ir. Lalu Abdul Manan yang mendapatkan tugas baru di Proyek Brantas Tengah Wilayah Kediri.

Pada tahun 1991 Berdirilah sebuah lembaga kursus yang diberi nama : “HACE COURSE” (Hasyim Asy’ari Computer and English Course) yang sekarang menjadi Laboratorium Komputer. Dengan tujuan tidak hanya membekali siswanya dengan Ilmu Pengetahuan saja tetapi juga ketrampilan, agar setelah lulus dan memasuki dunia kerja mereka telah memiliki ketrampilan khusus. Gedung SMA Islam yang ditandai dengan peletakan Batu Pertama Oleh ROMO KH. MAHFUDZ MUCHTAR (Alm.) Dengan dana awal adalah murni bantuan masyarakat dan sumbangan dari Bapak Ibu Guru. Tahun pelajaran 2001/ 2002, Sekolah menfokuskan Bidang pembinaan yang mencakup : Bidang Akhlaq, Bidang Akademis dan Bidang Ketrampilan. Tahun pelajaran 2002/ 2003, Tepatnya tanggal 1 Oktober 2002, SMA Islam Kepanjen mencanangkan Visi dan Misi Sekolah, sebagai berikut :

BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI, BERBUDAYA, BERPENGETAHUAN, BERKETRAMPILAN DAN BERKEPEDULIAN.

Awal Tahun Pelajaran 2010/ 2011 SMA Islam Kepanjen mencanangkan Sekolah Model, (Sekolah Ramah) dengan tujuan untuk menghilangkan segala bentuk perintah, kekerasan, hukuman baik fisik maupun non fisik. Dan kebijakan Sekolah tentang tenaga pendidik untuk berfokus di SMA Islam Kepanjen. Awal Tahun pelajaran 2013 – 2014, tepatnya 1 Oktober 2013 SMA Islam Kepanjen mencanangkan 2 hal :

Green School, (Sekolah Peduli dan Berbudaya Terhadap Lingkungan Hidup) dengan tujuan untuk: Mewujudkan warga sekolah (Guru, siswa, karyawan dan warga sekolah lainnya) yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Visi sekolah yang baru, dari BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI, BERBUDAYA, BERPENGETAHUAN, BERKETRAMPILAN DAN BERKEPEDULIAN.
Menjadi MEMBENTUK GENERASI TAQWA, CERDAS, KOMPETEN DAN PEDULI.

Misi: Membiasakan ajaran Islam sebagai pedoman dalam berprilaku dan bertuturkata.

Di perayaan ke 34 th ini lomba yang dilakasanakan pada hari ini adalah Final Vocal Solo, Final Duta SMAISAKA, Penilaian Lomba Poster dan Paduan Suara. Lomba ini memang dirancang untuk menjaring bakat-bakat terbaik siswa sesuai dengan lomba yang diikuti, yang mana nantinya pemenang lomba akan diikut sertakan pada FLS2N tahun 2020. Harapannya SMAISAKA mampu mengirim perwakilan terbaik dari yang terbaik untuk mewakili dicabang FLS2N sehingga mampu prestasi yg maksimal.