Makna “Pahlawan Masa Kini” pada Peringatan Hari Pahlawan 2019 di SMAISAKA

Peserta didik SMA ISLAM KEPANJEN penerima beasiswa ADEM ikuti kegiatan PPK
November 11, 2019
*Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H bersama KH. Kholili dari Pagak dengan tema ” Mengimplementasikan Akhlak Mulia Rosullah SAW di Era Milenial”.*
November 15, 2019

Makna “Pahlawan Masa Kini” pada Peringatan Hari Pahlawan 2019 di SMAISAKA

Peringati Hari Pahlawan, SMA Islam Kepanjen gelar upacara di Lapangan SMA Islam Kepanjen dipimpin Kepala Sekolah, H. Drs. Musoli Haris yang menjadi pembina upacara, Senin (11/11/2019).

Diawali dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks pancasila dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan kerdekaan.

Selanjutnya Bapak Kepala Sekolah membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P Batubara. Juliari meminta anak muda membangkitkan semangat inovasi.

Menurutnya, bentuk aksi nyata bagi pahlawan masa kini dapat dilakukan dengan cara menolong secara sesama hingga tidak menyebarkan hoax.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat inovasi pada anak muda untuk menjadi pahlawan masa kini. Ini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” kata Mensos.

Bapak Kepala Sekolah menuturkan, tepat di tanggal 10 November, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Juga mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

“Kita saat ini hidup di masa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan,” ujar Bapak Kepala sekolah mengawali sambutannya.

Beliau juga menyampaikan, perlunya pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia.

Khususnya generasi muda dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan, seperti keberanian, tanggung jawab, rela berkorban dan jiwa kepeminpinan dalan menghadapi tantangan kedepannya.